KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA POLI UMUM PUSKESMAS KASARANGAN KECAMATAN LABUAN AMAS UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Poli UmumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan pada poli umum Puskesmas Kasarangan Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Permasalahan yang ditemukan diantaranya kurangnya tenaga kerja, Kurangnya waktu pelayanan dan kurangnya fasilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan kualitas pelayanan poli umum Puskesmas Kasarangan Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah cukup baik. sarana fisik yang cukup baik. Kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan sudah baik yang mana sudah mengikuti tata cara yang sudah ditetapkan. Pelayanan yang terpercaya yang sudah baik dengan adanya papan informasi, memberikan perhatian. Kecepatan dalam memberikan pelayanan yang tidak baik. Ketepatan pelayanan yang diberikan pegawai Puskesmas Kasarangan sudah baik. Cara dalam memberikan pelayanan meyakinkan konsumen para pegawai yang ada pada puskesmas kasarangan cukup baik . dan sikap dan sopan santun pegawai sudah cukup baik dan benar. Sikap tegas pegawai poli umum sudah baik. Faktor penghambat yaitu Kurangnya Fasilitas dan perawatan terhadap sarana fisik, Ketidak Disiplinan Pegawai, dan Kurangnya Jumlah Pegawai. Disarankan pada Kepala Puskesmas agar menambah fasilitas dan jumlah pegawai, kepada pegawai untuk pemeliharaan Puskesmas serta menghimbau masyarakat agar ikut berpatisipasi proses pelayanan.