KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN JUAI KABUPATEN BALANGAN
Keywords:
Kualitas, pelayanan Kesehatan, Puskesmas JuaiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi fenomena masalah yaitu. Pertama, Waktu pelayanan yang kurang cepat, kedua sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Juai yang masih kurang, ketiga Kurangnya tenaga kerja di bagian pelayanan umum. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Juai Kabupaten Balangan. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang di ambil secara purposive sampling berjumlah 13 orang. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dan dilakukan Uji kredibilitas data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan pada Puskesmas Kecamatan Juai Kabupaten Balangan sudah bisa dikatakan cukup baik. Pertama (Tangibles) ketampakan fisik yang meliputi sarana dan prasarana yang masih kurang, karena kurangnya kursi tunggu pada ruang tunggu. Indikator ruang tunggu yang masih kurang baik karena ruangan yang tidak memenuhi standar. Indikator tempat informasi cukup baik. Kedua (Reliability) kehandalan para petugas sudah memiliki kemampuan dan kehandalan yang sudah baik. Ketiga (Responsiviness) daya tanggap yang meliputi cepat masih kurang baik ketanggapan para petugas sudah tepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Keempat (Assurance) jaminan yang meliputi jaminan tepat waktu dalam melayani pasien, dan keramahan sopan santun dalam pelayanan sudah baik. Kelima (Emphaty) empati yang meliputi indikator sikap tegas para petugas sudah tegas dalam memberikan arahan dan masukan kepada pasien,. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Pertama, faktor pendukung adalah sumber daya manusia yang baik dan pelayanan yang memberikan perhatian kepada konsumen /pasien sudah baik. Kedua, faktor penghambat kualitas pelayanan adalah kurangnya petugas pelayanan umum.