PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO SHAFA COSMETICS AMUNTAI
DOI:
https://doi.org/10.36658/datu.v1.i2.904Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai, (2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai, (3) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai, (4) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai, (5) pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, promosi, dan harga secara bersama sama terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai. Variabel dependen dari dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Sedangkan variabel independen adalah kualitas pelayanan, kualitas produk, promosia dan harga.
Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang membeli Cosmetics di Toko Shafa Cosmetics Amuntai 1 Tahun terakhir. Sampel yang dipilih menggunakan teknik accidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang ditemui cocok sebagai sumber data. Adapun penentuan jumlah sampel yang dikembangkan oleh Roscoe dalam (Fadillah, 2023) bahwa penelitian yang melakukan analisis dengan multivariate (kolerasi atau regresi berganda), maka jumlah sampel penelitian ini sebanyak 50 responden. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilita ,uji kelayakan model atau uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai. Namun secara simultan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi dan Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Shafa Cosmetics Amuntai.
References
Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., & Rohman, M. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Get Press Indonesia.
Agustin, S. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).
Amanah, D. (2011). Pengaruh promosi dan brand image (Citra produk) terhadap loyalitas pembelian produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan, 3(3), 221–233.
Ashari, P. B. . (2005). Analisis Statistik Dengan Microsoft Excel & SPSS. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia.
Fadillah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 5(2), 1–12.
Garatu, T. (2013). Pengaruh pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Toko Ramayana Motor Poso Sulawesi Tengah. Ekomen, 13(01).
Hamidiyah, A. (2016). Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang. Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 7(3), 121–130.
Hidayati, I. R. (2018). Pengaruh kepercayaan pelanggan, kualitas pelayanan elektronik, dan promosi pada aplikasi PLN Mobile terhadap kepuasan pelanggan PT. PLN Distribusi Jawa Timur di Surabaya. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.
Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada depot mie pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1).
Juli, P. R., Suardhika, I. N., & Hendrawan, G. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angelo Store Ubud Bali. VALUES, 2(2).
Khairusy, M. A., & Febriani, R. (2020). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (Survey pada pelanggan KFC Store Merdeka Bandung). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 19–30.
Mansur, T. (2018). Pengaruh Store Atmosphere Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Pamella Tujuh Swalayan Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(6), 655–663.
Maria Agatha, W. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2).
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1077–1086.
Nugroho, S. P., Setyawan, A. A., & Wajdi, M. F. (2016). PENYUSUNAN STANDARISASI KUALITAS DAN PENETAPAN HARGA JUAL BAGI PRODUK MEBEL DAN BATIK DI KABUPATEN SRAGEN.
Prabhata, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Kredit UKM Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BPR Kerta Raharja Bandung. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(1), 145–153.
Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi Di Kota Semarang). Solusi, 18(4).
Puspa, R., Permana, A., & Nuryanti, S. (2017). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Perumahan Ciujung River Park Serang, Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(02), 205–215.
Puspitasari, D., & Nurmaning, B. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. AKSIOMA: Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 1(8), 461–472.
Rahayu, A. (2020). Analisis Penetapan Harga Sembako dalam Meningkatkan Kepuasan Pembeli di Pasar Selasa Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Rahmawati, R. (2015). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KELURAHAN SELAT TENGAH KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS. STIE Indonesia Banjarmasin.
Rasulong, F. H. M. N. I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Rosica, S. A. D. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan (Studi Pada Pelanggan London Beauty Center (Lbc) Di Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(3), 238–245.
Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan di Gamefield Hongkong Limited. Pro Mark, 10(1).
Saripudin, A. J. (n.d.). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek Xiaomi di Universitas Trilogi. Accelerating the Worlds Research (ACADEMIA).
Soliha, E., & Fatmawati, N. (2017). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1–20.
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
Wahyuni, D. U. (2008). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek" Honda" di Kawasan Surabaya BaraT. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), 30–37.
Widodo, O. W., & SRI, R. T. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada 123 Design and Photography di Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Wulandari, D. (2019). Pengaruh Media Promosi Terhadap Minat Anggota Koperasi BMT Al-Hasanah Mandiri Sejahtera Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. IAIN Metro.
Yanuar, M. M., Qomariyah, N., & Santosa, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1).