KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR KECAMATAN JUAI KABUPATEN BALANGAN

Authors

  • Riswandi Ahdiat Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • M. Noor Fuadi Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author

DOI:

https://doi.org/10.36658/datu.v1.i2.898

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dalam Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Juai Kabupaten Balangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif- kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Juai Kabupaten Balangan dapat disimpulkan sudah baik dalam melakukan pelayanan berkaitan dengan kependudukan hal tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator seperti pertama: yaitu Penampilan petugas, Kenyamanan tempat pelayanan, Kemudahan pelayanan, Kemudahan askes , sudah efektif namun untuk Sarana prasarana di Kantor Kecamatan Juai masih kurang memadai dan Kedisiplianan masih belum efektif. Kedua: Kecermatan sudah cermat dan teliti, Memiliki standar yang jelas masih belum efektif dimana kurangnya pemberitahuan tentang bagaimana prosedur pelayanan dan masih kurang spanduk, Kemampuan petugas dalam melayanai, Keahlian petugas menggunakan alat bantu sudah terbilang efektif. Ketiga: Merespons setiap pemohon sudah  efektif, pelayanan dengan cepat sudah cukup cepat, pelayanan dengan tepat sudah cukup tepat, waktu yang tepat sudah cukup efektif, Semua keluhan direspons sudah  baik. Keempat: jaminan tepat waktu sudah, jaminan kepastian biaya sudah terbilang efektif. Kelima: Mendahulukan keinginan pelanggan sudah , sikap sopan santun sudah memiliki sopan santun yang baik, tidak diskriminatif pegawai tidak membedakan pengguna layanan, menghargai setiap pelanggan sudah terbilang sudah terbilang efektif. Adapun faktor pendukung yaitu kenyamanan tempat pelayanan , kemampuan petugas dalam melayani serta sopan santun yang bagus dan efektif menjadi pendorong peleyanan yang diberikan, adapun faktor penghambat yaitu kurangnya disiplin pegawai dalam masuk bekerja, standar pelayanan yang belum jelas serta sarana yang digunakan untuk pelayanan seperti kursi serta lemari berkas yang masih kurang memadai pada Kantor Kecamatan Juai Kabupaten Balangan.

References

Hayat. 2017. Manejemin pelayanan publik. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mouw. Erland. 2013. Kualitas Pelayanan Publik di daerah (sebuah kajian teoris). Jurnal UNIERA: Tidak diterbitkan.

Mutiarin, Dyah dan Arif Zainudin. (2014). Manajemen Birokrasi dan Kebijakan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pasolong, Harbani. 2017.Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik ,Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi, 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susanti, Sri. 2014. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Gamping Sleman. Sleman: Tidak diterbitkan.

Published

2025-02-07

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR KECAMATAN JUAI KABUPATEN BALANGAN. (2025). Journal of Development Administrations Thinking Understand: Public and Business Administration (DATU) , 1(2), 60-65. https://doi.org/10.36658/datu.v1.i2.898

Similar Articles

1-10 of 31

You may also start an advanced similarity search for this article.