KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN USAHA (SKU) PADA KANTOR DESA TUMBUKAN BANYU KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36658/datu.v1.i1.466Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Pembuatan SKUAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, kurangnya sumber daya manusia pada bagian pelayanan sehingga mengakibatkan proses pembuatan Surat Keterangan Usaha menjadi terhambat dengan jumlah pegawai 7 orang. Kehandalan pegawai dalam mempergunakan alat bantu pelayanan masih kurang baik dan kegiatan administrasi yang sedikit terhambat maka menimbulkan kendala dalam menjalankan tugasnya, serta ruang kerja yang relatif agak sempit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) Pada Kantor Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah cukup baik dilihat dari beberapa indikator: Pertama, tempat Informasi sudah baik. Kedua, kemampuan pegawai sudah cukup baik. Ketiga, kehandalan pegawai sudah cukup baik. Keempat, pelayanan sudah baik. Kelima, ketanggapan petugas sudah cukup baik. Keenam, keramahan dan sopan santun pegawai sudah cukup baik. Ketujuh, kemampuan pegawai sudah cukup baik. Kedelapan, sikap tegas pegawai sudah cukup baikdan kesembilan, perhatian pegawai sudah cukup baik. Faktor yang mempengaruhi yakni, sarana fisik kantor masih kurang baik dan, jumlah pegawai belum memadai,. Saran dalam penelitian ini, hendaknya terus tingkatkan keterbukaan dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Sediakan informasi yang jelas, serta tingkatkan kualitas pelayanan administrasi desa, termasuk pelayanan pembuatan dokumen seperti Surat Keterangan Usaha (SKU).
References
Muhammad Hidayatullah, G. (2021) ‘Pelayanan Isbat Nikah Wilayah Kerja Kantor Pengadilan Agama Amuntai Kelas 1b Kabupaten Hulu Sungai Utara’, Jurnal Niara, 14(3), pp. 213–223. Available at: https://doi.org/10.31849/niara.v14i3.7384.
Noorrahman, M.F., Rizal, M. and Sairin, M. (2022) ‘Peran Administrasi Publik dalam Meningkatkan Kinerja dalam Aspek Kepuasan Kerja pada Pejabat Struktural Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Kabupaten Hulu Sungai’, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), pp. 155–163.
Urahmah, N. and Andri, A. (2023) ‘KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI UNIT KERJA IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN DI KABUPATEN BALANGAN’, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), pp. 3233–3241.
Agus, Erwan Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2016. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media
Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik, Edisi Kedua. Yogyakarta: Gava Media Paradigma
Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: UNPAD PRESS
Mutiarin, Dyah dan Arif Zaenudin. 2014. Manajemen Birokrasi dan Kebijakan. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Putra, Teddy Minahasa. 2019. Pelayanan Publik dan Ketahanan Nasional. Jakarta: Gramedia Wedia Sarana Indonesia
Sahir, Syafrida Hafni dkk. 2020. Keterampilan Manajemen Efektif. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Saputra, Nanda. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Pasolong, Harbani. 2019. Teori Administrasi Publik. Bandung. Alfabeta