HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI UPT PUSKESMAS RAWAT INAP ALABIO KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36658/datu.v1.i2.900Keywords:
Rawat Inap, UPT Puskesmas, BPJSAbstract
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan suatu bentuk penilaian pasien terhadap pelayanan yang diterima dan pelayanan yang diharapkan. Kepuasaan pasien adalah suatu perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan tentang apa yang diharapkan. Pada UPT Puskesmas Rawat Inap Alabio masih ada masyarakat yang mengeluh terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna BPJS seperti sikap perawat yang kurang ramah, sarana dan prasana yang belum lengkap dan pelayanan yang masih belum sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Rawat Inap Alabio.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan tipe penelitian survei analitik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan, dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien diterminasi, data yang diperoleh disusun berdasarkan hasil angket, wawancara, dan pengamatan dengan jumlah sampel 92 orang dan 11 informan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di UPT Puskesmas Rawat Inap Alabio menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dilihat dari indikator sudah baik dan terdapat adanya hubungan dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien dilihat dari unsur menyampaikan keluhan dan saran, pembenahan kekuranagan pasien, Sikap perawat terhadap pasien pengguna BPJS merasa masih kurang puas. Hasil Uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS dengan koefisien diterminan sebesar 59% yang berarti kualitas pelayanan memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Untuk meningkat kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien maka disarankan kepada Kepala Puskesmas Rawat Inap Alabio untuk menambah sarana dan prasarana yang masih kurang pada UPT Puskesmas Rawat Inap Alabio, meningkatkan kecepatan dari pelayanan yang diberikan, dan lain-lain misalnya mengecek kondisi pasien dengan benar sebelum diberi rujukan, tidak membeda-bedakan pasien umum dengan pasien BPJS. sehingga hal tersebut tidak akan mengakibatkan tuntutan yang lebih besar lagi terhadap kualitas pelayanan yang diterima oleh mereka.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2009). Undang- undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta : Kementrian Kesehatan.
………. (2011). Undang- undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta : Kementrian Kesehatan.
…….…. (2014). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas. Jakarta : Permenkes RI.
Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
……….., Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan M.S., 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta: Salemba Medika.
Koentjoro,Tjahjono. 2015. Regulasi kesehatan di Indonesia.Yogyakarta : Andi Offset
Kotler, Philips dan Amstrong,Gery. 2016. Dasar-Dasar pemasaran. Jakarta : prehalindo.
Mubarrak, Wahit Iqbal. (2012). Ilmu Kesehatan Masyarakat : Konsep dan aplikasi kebidanan. Jakarta : Salemba Mediaka.
Nursalam, (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.
Notoatmodjo,S, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pohan.I.S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta:Penerbit EGC.
Pramesti, G dan Wirata, A. (2021). Mudah dan Menyenangkan Mengolah Data dengan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Santoso, Imam (2013). Manajemen Data. Banjarmasin : Gosyen Publishing
Sujarweni,wiratna, 2014. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Gava Media.
Sugiarto,Endar. 2014. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Supranto,J. 2015. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.Jakarta : Rineka Cipta
Sarwono, J. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS. Gava Media
Tjiptono, Fandy. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.
Utami, Naning K dan Ngalimun (2018). Metodologi Penelitian. Banjarmasin : CV Barito Style.
Anonym. Identifikasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap JAMKESMAS. BALITBANG: Kota Medan, 2015. Available http://balitbang.pemkomedan.go.id/berita-52-identifikasi-tingkat-kepuasan-masyarakat-terhadap-jamkesmas.html di akses pada 15 Desember 2015 20:35 WIB
Anonym. Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan, 2014. Available at http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/12 di akses pada 14 Juni 2016 13:06 WIB
Astutik, E. E. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Rawat Jalan Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi, 8(2), 158-163.
BPJS Kesehatan. (2014). Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014. BPJS Kesehatan.
Dahmiri & Suzana, Vera. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Sarolangun (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jmbi). Tersedia: http://repository.unja.ac.id/3353/1/7. 3605-Article Text-7185- 1-10 20170420.pdf.
Firdaus, Fidela, 2015. Tesis: Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. PRODI Manajemen Rumahsakit: Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.
Ilham, 2015. Tesis: Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Program Pascasarjana: Universitas Hasanuddin Makassar.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI), 2014. Buku Pegangan Sosialisai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Puskesmas Mampu Poned.Jakarta : Menkes RI : 2013.
Lontaan, 2014. Marselia. Kualitas Pelayanan Publik di RSUP.Prof.Dr.R.D Kandou Malalayang Manado (Studi pada pasien peserta BPJS Kesehatan).
Mukti, W. Y., Hamzah, A., dan Nyorong, M, 2013. Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. Vol 2 No 3.
Ningrum,Ayu, 2015. Respon Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pekanbaru Vol.2 No.2. FISIP: Universitas Riau.
Muhlisin. 2018. Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan dikantor Camat Bayung Lencir Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Banyu Asin. 3(1).59.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.
Prakoso, Sigit, 2015. Efektivitas Pelayanan Kesehatan BPJS di Puskesmas Kecamatan Batang. Vol 4 No 1. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Semarang.
Prasetyo, Reni. 2013. Pelayanan Publik di Kecamatan Margoyoso Kabupaten
Pratama, Andianto Wahyu Eka. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyrakat. Tesis tidak Universitas Surakarta. diterbitkan. Surakarta: Muhammadiyah
Respati, Ayu. Skripsi: Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Pusekesmas Halmahera Kota Semarang, 2014.
Sangadji & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian.
Sabela, R., & Khairani, T. 2014. Pelayanan Rawat Inap Puskesmas Sungai Pakning Kec. Bukit Batu Kab. Bengkalis.“. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(1).
Suaib,Nur Intan dkk, 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kabupaten Luwu. FKM Univesitas Hasanudin.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sulistyanindsih. 2016. Mutu Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Pasien Asuransi Kesehatan KeluargaMiskin di RSU PKU Muhamadiyah Yogyakarta.Jurnal Kebidanan dan Kepertawatan.Volume 3/Nomor 01/Juni/2016
Swarjana,Ketut, 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: ANDI, 2012. Tim Pustaka Yustisia. Panduan Resmi Memperoleh Jaminan Kesehatan dari BPJS. Jakarta: Visimedia.
Terry. 2015. Analisis Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus pada RSU. Budi Rahayu Pekalongan). Tesis. Universitas Diponegoro Semarang