KUALITAS PELAYANAN NIKAH DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) DI KUA KECAMATAN BATUMANDI KABUPATEN BALANGAN
DOI:
https://doi.org/10.36658/datu.v1.i1.469Keywords:
pelayanan, nikahAbstract
Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada KUA di kecamatan maka Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam telah berkomitmen meningkatkan kapasitas KUA melalui perbaikan pelayanan berbasis Informasi Teknologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan nikah dalam penerapan SIMKAH masih kurang baik. Pertama pada reliability (kehandalan), pemberian pelayanan yang tepat dan benar cukup baik. Pada indikator ketepatan waktu masih kurang baik. Kedua, pada tangibles (bukti langsung) yaitu indikator sarana dan prasarana masih belum memadai untuk menunjang pelayanan. Pada indikator SDM sudah mencukupi dan berkemampuan dalam mengoperasikan SIMKAH. Ketiga, pada responsiveness (pertanggungjawaban) yaitu indikator kecepatan pelayanan masih kurang baik. Indikator respon pegawai masih kurang baik karena tidak ada yang menggantikan pelayanan ketika pegawai tidak ada ditempat dan pegawai yang kurang respon terhadap masyarakat. Keempat, pada assurance (jaminan) yaitu indikator keramahan sudah baik. Kelima, pada emphaty (empati) yaitu indikator perhatian terhadap pengguna layanan sudah baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah ketepatan waktu, sarana dan prasarana dan respon pegawai. Upaya yang dilakukan antara lain pemahaman dan pelatihan serta inisiatif pegawai itu sendiri.
References
Bani Ilham Alhadi 2022. Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sebagai Sarana Pencapaian E-Government. Jurnal Stie Semarang Vol 14 No 2 Edisi Juni 2022
Paturusi, Imran Adi. 2015. Pemeriksaan Dan Pengawasan Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Klojen Kota Malang (Studi Tentabg Penggunaan Sistem Informasi Manajmen Nikah (SIMKAH)). Skripsi Sarjana, Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Putri, Nazri Sukma. 2021. Aplikasi Simkah Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Negeri Ar-Rainry Banda Aceh
Satriani, Ani Ade. 2014. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Online Di KUA Kota Surabaya Dalam Perspektif PMA No 11 Tahun 2007. Skripsi Sarjana, Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Sunan Ampel
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Zaenal Mukarom dan Muhibudin. 2015. Manajemen Pelayanan Publik . Bandung: Pustaka Setia
Muhammad Hidayatullah, G. (2021) ‘Pelayanan Isbat Nikah Wilayah Kerja Kantor Pengadilan Agama Amuntai Kelas 1b Kabupaten Hulu Sungai Utara’, Jurnal Niara, 14(3), pp. 213–223. Available at: https://doi.org/10.31849/niara.v14i3.7384.
Noorrahman, M.F., Rizal, M. and Sairin, M. (2022) ‘Peran Administrasi Publik dalam Meningkatkan Kinerja dalam Aspek Kepuasan Kerja pada Pejabat Struktural Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Kabupaten Hulu Sungai’, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(1), pp. 155–163.
Urahmah, N. and Andri, A. (2023) ‘KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI UNIT KERJA IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN DI KABUPATEN BALANGAN’, SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), pp. 3233–3241.