PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA BRAND SKINCARE NPURE DI KALIMANTAN
DOI:
https://doi.org/10.36658/datu.v1.i2.905Keywords:
Green Marketing, Niat Beli KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap niat beli konsumen pada brand skincare Npure di Kalimantan. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatory. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang mengunakanproduk Npure di Kalimantan dengan jumlah sampel 45 responden dan teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling aksidental. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS Statistics 21.0 for windows.
Hasil penelitian membuktikan bahwa green marketing sigifikan positif terhadap niat beli konsumen pada brand skincare Npure di Kalimantan, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yaitu =0,000 dan nilainya < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan besar pengruhnya yaitu sebesar 80,8% yang menunjukkan bahwa pengaruh green marketing terhadap niat beli konsumen pada Brand Skincare Npuredi Kalimantan tersebut cukup besar, sedangkan 19,2% merupakan pengaruh dari variabel lain yang1tidak diteliti melalui penelitian1ini.
References
Agustina, E. S. (2024). Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Locy Cahaya Bersaudara Menggunakan Matriks IFAS, EFAS, SFAS, dan Grand Strategy. JURNAL BISNIS DAN PEMBANGUNAN, 13(3), 266–274.
Agustina, E. S., & Latte, J. (2024). NEW VENTURES AND BUSINESS OWNERSHIP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7130–7135.
Akbar, J., & Latte, J. (2024). PENGARUH PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KECAMATAN DANAU PANGGANG. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 173–179.
Arseculeratne, D., & Yazdanifard, R. (2014). How green marketing can create a sustainable competitive advantage for a business. International Business Research, 7(1), 130.
Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi Empiris tentang Kontribusi Harga, Varian Produk, dan Kemasan terhadap Pembentukan Minat Beli Produk Sabun Mandi Batang (Studi Kasus terhadap Pekerja Rantau di Kota Surabaya). Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 99–116.
Fadlullah, F., & Nurlatifah, H. (2020). Pengaruh antara electronic word of mouth, citra objek wisata, dan wisata halal terhadap travel intention melalui attitude toward destination (studi kasus pada pengambil keputusan untuk wisata Jadetabek). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 1–10.
Germano de Sousa, I., Valério Chaves, A., de Oliveira, A. L. B., da Silva Moreira, K., Gonçalves de Sousa Junior, P., Simão Neto, F., Cristina Freitas de Carvalho, S., Bussons Rodrigues Valério, R., Vieira Lima, G., & Sanders Lopes, A. A. (2024). A novel hybrid biocatalyst from immobilized Eversa® Transform 2.0 lipase and its application in biolubricant synthesis. Biocatalysis and Biotransformation, 42(2), 151–172.
Hadikusumo, R. A., SE, M. M., Kom, M., Zulhendra, S. E., Kom, M., Astuti, M. T., Sunarta, D. A., SH, Μ. Ε., Aghivirwiati, G. A., & SH, M. M. (2024). STRATEGI PEMASARAN REVOLUSIONER UNTUK MENGUKIR PASAR YANG BERDAMPAK. Cendikia Mulia Mandiri.
Immawati, S. A., & Nugroho, A. (2020). Green marketing as the source of the competitive advantage of the business. Dinasti International Journal of Management Science, 1(6), 944–953.
John, G. (2010). The green marketing manifesto. Francesco Brioschi Editore.
Latte, J. (2018). Pengaruh product perceived quality dan citra toko terhadap minat beli produk label pribadi indomaret Tanah Grogot. At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(2).
Latte, J., & Manan, A. (2022). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Anyaman Purun di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 4(1), 35–44.
Latte, J., Narisda, N., & Muslimah, M. (2020). Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kalimantan. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 2(1), 58–70.
Mahendra, D. F., & Nugraha, A. K. N. A. (2021). Green marketing dan CSR terhadap keputusan pembelian dengan pengetahuan konsumen sebagai variabel moderasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 28–38.
Novianto, A., & Asandimitra, N. (2017). Pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan kebijakan hutang terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di BEI periode 2013-2015. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(3), 1–9.
Prakash, R. S., Voss, M. W., Erickson, K. I., & Kramer, A. F. (2015). Physical activity and cognitive vitality. Annual Review of Psychology, 66(1), 769–797.
Putri, N. R. N., & Handriana, T. (2024). Product-Influencer Fit terhadap Attitude Toward Influencer, Influencer Credibility, Attitude Toward Product dan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Whitelab. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(2), 579–594.
Ramadhani, A. R., & Latte, J. (2024). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 197–204.
Ritonga, N., & Ameliany, N. (2022). Pengaruh perceived usefulness terhadap niat menggunakan aplikasi shopee paylater dan dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 1130–1136.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukoco, A. A. (2023). Kualitas Produk, Harga dan Pendapatan pada Niat Beli Produk. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia-e-ISSN 3026-4499, 1, 72–84.
Umam, M. R. K., & Auliya, Z. F. (2018). Hubungan Kausalitas Workplace Spirituality Dan Kinerja Karyawan: Perspektif Mediasi Etika Kerja Islam. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(1), 23–50.
Wajdi, F., Setyawan, A. A., Susila, I., Saputro, E. P., Muhammad Sholahuddin, S. E., Andri Veno, S. E., Layouter, M. M., & Prakoso, S. T. (n.d.). Perkembangan Konsep dan Riset E-Business di Indonesia.
Windiana, L., Bakhtiar, A., Kurniasih, V. R., & Basamah, S. (2020). The Effect of Green Marketing toward the Consumers Buying Interest of Starbucks Coffee Mediated By Brand Image. Habitat, 31(1), 36–41.
Wymer, W., & Polonsky, M. J. (2015). The limitations and potentialities of green marketing. Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 27(3), 239–262.
Yanti, M. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 582–589.
Yuliana, R., & Pantawis, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Green Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Skincare di Kota Semarang. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 4(1), 79–86.