IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI PASAR SENIN 1 KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Keywords:
Impelemtasi, KurikulumAbstract
Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya pemulihan pembelajaran, SD Negeri Pasar Senin 1 Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun 2022. Namun waktu sosialisasi singkat, kurangnya kemampuan pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran, dan kurangnya minat peserta didik untuk lebih demokratis dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka, faktor penghambat, dan upaya mengatasi faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Pasar Senin 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriftif- kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diambil secara purposive sampling berjumlah 14 orang. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Pasar Senin 1 masih kurang baik. Hal ini dilihat dari indikator yang berhasil yaitu kejujuran, komitmen, dan dukungan pihak publik. Adapun indikator yang belum berhasil yaitu transmisi, kejelasan komunikasi, sumber daya manusa (pendidik), fasilitas pendukung, konsisten, demokratis, dan dukungan pihak swasta. Faktor penghambat yaitu kurangnya fasilitas yang mendukung untuk pembelajaran dan tidak ada pendidikan dan pelatihan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun upaya mengatasi faktor penghambat yaitu menggunakan fasilitas yang ada dan meminta bantuan kepada kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencukupi fasilitas yang masih kurang dengan cara mengalokasikan dana BOS dan juga pendidik mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG).