MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG SISWA SMK NEGERI 1 DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Keywords:
Manajemen, Pelayanan, Perpustakaan, Meningkatkan Minat KunjungAbstract
Manajemen pelayanan perpustakaan di SMK Negeri 1 Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan menghadapi beberapa masalah, termasuk kurangnya petugas pelayanan perpustakaan, tidak adanya kartu anggota perpustakaan, dan kurangnya sarana dan prasarana bagi pengunjung perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan perpustakaan dapat meningkatkan minat kunjungan siswa di SMK Negeri 1 Daha Selatan, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi manajemen pelayanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan sebanyak 10 orang yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis melalui teknik kondensasi data, penyajian data, perpanjangan pengamatan, trigulasi, analisis kasus negative, dan memberchek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan perpustakaan di SMK Negeri 1 Daha Selatan cukup baik. Meskipun demikian, terdapat beberapa indikator yang perlu diperbaiki, seperti penentuan kegiatan, pembagian tugas, tanggung jawab, hasil kerja, dan evaluasi. Sebagai upaya mencapai keberhasilan manajemen pelayanan perpustakaan, disarankan kepada kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan guru SMK Negeri 1 Daha Selatan untuk mengambil langkah-langkah tertentu, seperti menambah anggota, memperbaiki sarana, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berkunjung ke perpustakaan.





