EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BALANGAN
Keywords:
Efektivitas, Pelayanan PublikAbstract
Efektivitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan masih belum berjalan dengan maksimal yang mana permasalahannya adalah Masih terdapat publik yang belum memahami pemanfaatan layanan, fasilitas penunjang yaitu jaringan akses internet yang kurang optimal dan Banyaknya keluhan dan kritik dari masyarakat terkait layanan administrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data diambil melalui penarikan secara purposive sampling berjumlah 11 orang. Hasil dari penelitian Pertama, hasil sudah efektif. Manfaat sudah efektif. Kedua, adaptasi belum efektif. Bekerja secara flexible sudah efektif. Ketiga, kualitas peningkatan pelayanan belum efektif. Meningkatkan kuantitas belum baik. Keempat, produksi sudah efektif. Kelima, sumberdaya sudah efektif. Kualitas sumberdaya sudah efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbagi dua yaitu faktor penghambat adalah belum memahami pemanfatan layanan, jaringan internet yang belum memadai dan banyaknya keluhan dari masyarakat. Sedangkan faktor pendukung peningkatan layanan yang dilakukan, adanya manfaat pelayanan yang diberikan dan informasi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Disarankan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan perlunya perlunya penyampaian yang menyeluruh kepada masyarakat secara langsung.