EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE PADA APLIKASI OSS DI MALL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA ( Studi Kasus Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu )
Keywords:
Efektivitas, Pelayanan Publik, Online, Aplikasi OSS, Hulu Sungai UtaraAbstract
Pelayanan publik berbasis online adalah penyediaan layanan pemerintah kepada masyarakat melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelayanan publik berbasis online menggunakan aplikasi OSS di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel terdiri dari 8 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik berbasis online menggunakan aplikasi OSS di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup efektif. Beberapa indikator yang dipertimbangkan antara lain pengetahuan program, penerapan program, target yang ditetapkan, tahapan pengoperasian program, kepuasan program, kualitas yang dihasilkan, sarana prasarana, pertanggungjawaban, transparansi, dan penilaian. Untuk meningkatkan efektivitas pelayanan publik berbasis online, disarankan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program berbasis online. Selain itu, perlu juga meningkatkan jaringan dan sistem perizinan OSS.