KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK PRATAMA POLRES HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Budi Rosadi Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Arif Budiman Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Ni Made Musiyani Anjasmari Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Klinik, Polres Hulu Sungai Utara

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan merupakan proses yang berkelanjutan dan memiliki komitmen organisasi dalam memastikan pasien merasa puas dengan layanan yang diberikan. Adapun permasalahan dalam penelitian di Klinik Pratama Polres Hulu Sungai Utara dilihat dari kenyataan yang ada,  ruangan yang sempit, kurangnya petugas, tidak adanya promosi keseluruhan. Berdasarkan hal di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Klinik Pratama Polres Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pada Klinik Pratama Polres Hulu Sungai Utara sudah tergolong cukup baik. Namun, ada beberapa indikator yang harus diperbaiki seperti keadaan fasilitas fisik, jumlah SDM/petugas, dan pelayanan dengan cepat. Faktor Pendukung seperti kemampuan petugas dalam melayani pasien, motto dan motivasi sebagai penyemangat kerja. Faktor Penghambat seperti ketersediaan jumlah petugas tidak cukup melayani pasien, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai proses pendaftaran, dan luas ruangan yang terbatas sehingga pelayanan perlu ditingkatkan kembali. Kemudian, disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan pengawasan terhadap kinerja dan masyarakat harus memahami arahan pelayanan yang sesuai prosedur di Klinik Polres tersebut.

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN PADA KLINIK PRATAMA POLRES HULU SUNGAI UTARA. (2024). Jurnal Pelayanan Publik, 1(2), 328-336. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JPP/article/view/399