PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN BALANGAN
Keywords:
Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PengunjungAbstract
Kualitas Pelayanan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi Kepuasan Pengunjung. Pada Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan ditemukan beberapa fenomena masalah seperti kurangnya fasilitas, kurangnya pembaharuan buku dan ketidaksesuaian peletakan buku dengan kode buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan dan mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan uji regesi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinan (R2) dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan Dibuktikan dengan sebesar 40,850 lebih besar dari (df=94) yaitu 1,661 dengan signifikansi sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Pengaruh yang dimiliki oleh Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung sebesar 94,7 % dibulatkan menjadi 94% dengan kata lain, sehingga dapat dikatakan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Umum Daerah kabupaten Balangan dengan persentase sebesar 94% sisanya 6% berasal dari pengaruh variabel lainnya.