KUALITAS PELAYANAN NONPERIZINAN PADA KANTOR KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN
Keywords:
Kualitas Pelayanan, NonperizinanAbstract
Kualitas Pelayanan Nonperizinan Pada Kantor Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan terdapat masalahan yaitu: disiplinan pegawai kurang. Belum memadainya sarana prasarana. Terdapat pegawai yang belum memahami kebutuhan masyarakat. Belum sesuainya pelayanan dengan SOP. Penelitian dilakuan untuk mengetahui kualitas pelayanan nonperizan serta faktor yang berpegaruh, memakai ipendekatan kualitatif tipe deskriptif kualitatif. Pengumpulan data observasi, dokumentasi serta wawancara. Sumber data penarikan informan purposive sampling. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, kemudian uji kredebilitas. Penelitian ini mendaptkan hasil cukup baik. beberapa permasalahan seperti belum sesuainya dengan SOP, kedisplinan masih kurang, belum memadainya sarana dani prasarana, serta adanya pegawai kemampuannya kurang. Penghambatnya belum memadainya saranaiprasana serta kedisplinan yang masih redah. Kemudian pendukungnya berupa keamanan baik serta sopan santun pegawainya. Diberikan saran agar pegawainya disiplin dan memastikan sarana iprasarana tercukupi.





