KUALITAS PELAYANAN NONPERIZINAN PADA KANTOR KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN

Authors

  • Rafli Adrian Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author
  • Reno Affrian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author
  • Jumaidi Jumaidi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Nonperizinan

Abstract

Kualitas Pelayanan Nonperizinan Pada Kantor Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan terdapat masalahan yaitu: disiplinan pegawai kurang. Belum memadainya sarana  prasarana. Terdapat pegawai yang belum memahami kebutuhan masyarakat. Belum sesuainya pelayanan dengan SOP. Penelitian dilakuan untuk mengetahui kualitas pelayanan nonperizan serta faktor yang berpegaruh, memakai ipendekatan kualitatif  tipe deskriptif kualitatif. Pengumpulan data  observasi, dokumentasi serta wawancara. Sumber data penarikan informan  purposive sampling. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, kemudian uji kredebilitas. Penelitian ini mendaptkan hasil cukup baik.  beberapa permasalahan seperti belum sesuainya dengan SOP, kedisplinan masih kurang, belum memadainya sarana dani prasarana, serta adanya pegawai kemampuannya kurang. Penghambatnya belum memadainya saranaiprasana serta kedisplinan yang masih redah. Kemudian pendukungnya berupa keamanan baik serta sopan santun pegawainya. Diberikan saran  agar pegawainya disiplin dan memastikan sarana iprasarana tercukupi.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN NONPERIZINAN PADA KANTOR KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN. (2025). Jurnal Pelayanan Publik, 2(4), 1202-1211. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JPP/article/view/1531