KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Keywords:
Kualitas, Pelayanan Publik, Kantor kecamatanAbstract
Tujuan penelitian mengetahui kualitas pelayanan publik pada kantor Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara belum baik dilihat dari Kenampakan Fisik (Tangibels) pelayanan berupa sarana fisik perkantoran kurang baik, komputerisasi administrasi cukup baik, tempat tunggu kurang baik dan tempat informasi yang kurang baik. Kehandalan (Reability) kemampuan pegawai sudah baik dan kehandalan pegawai sudah baik. Ketanggapan (Responsiveness) kesanggupan pegawai memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kurang baik dan Ketanggapan pegawai terhadap masyarakat cukup baik. Jaminan (Assurance) keramahan pegawai dalam meyakinkan kepercayaan masyarakat sudah baik dan kemampuan pegawai dalam meyakinkan kepercayaan masyarakat cukup baik. Empati (Empathy) sikap tegas pegawai terhadap masyarakat sudah baik dan sikap perhatian pegawai terhadap masyarakat sudah baik. Faktor pendorong adalah memberikan pelayanan dengan sikap ramah dan sopan santun, dan merespon kepada setiap pengguna layanan. Faktor penghambat kurangnya sarana pendukung,, lambat dalam penyelesaian pekerjaan. Disarankan kepada camat perlu memberikan motivasi kepada pegawai, kasi pelayanan untuk mengarahkan staf untuk memberikan pelayanan yang baik, kepada staf agar lebih meningkatkan pelayanan dan masyarakat untuk memberikan saran dan kritik yang perlu.