PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Rina Wati Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • M. Husaini Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Hasbi Salim Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author

Keywords:

Perpustakaan, pelayanan, pemustaka

Abstract

“Kualitas pelayanan merupakan suatu kondisi yang berkaitan antara jasa, produk, manusia, proses dan lingkungan yang dapat memenuhi bahkan melebihi harapan. Pada Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara menyediakan layananan berupa area membaca yang sering dikunjungi oleh pemustaka (masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa memuaskan pelayanan yang diberikan oleh petugas di Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Adapun penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang nyamannya ruang baca karena adanya kebisingan dari luar ruangan, pegawai yang kurang profesional, alat scan barcode error, pelayanan kurang memuaskan, fasilitas kurang memadai, dan kurangnya kejelasan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian assosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Setelah data terkumpul, lalu data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan IBM SPSS 22 untuk membuktikan adanya pengaruh dan berapakah besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka pada Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka pada Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana menghasilkana Y = 6,687 + 0,390X, yang berarti setiap satu kenaikan dari kualitas pelayanan maka berpengaruh sebesar 0,390 atau 3,90% kepada kepuasan pemustaka, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai  yaitu 16,285, lebih besar dari  yaitu 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti dan dapat diterima, dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Dari 97 responden juga dihasilkan nilai korelasi sebesar 0,858 sehingga dapat dihasilkan koefisien determinasi (R2) sebesar 73,6% yang dibulatkan menjadi 74%. Hal tersebut dapat dikategorikan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka sangat kuat”.

Downloads

Published

2025-08-14

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. (2025). Jurnal Pelayanan Publik, 2(2), 369-381. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JPP/article/view/1103