KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KTP-EL DAN KIA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BALANGAN

Authors

  • Mahmudah Mahmudah Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Sugianor Sugianor Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • M. Ridha Anshari Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan Publik, Pembuatan KTP-el Dan KIA

Abstract

Berdasarkan undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, masih terdapat kekurangan dalam pelayanan yang dirasakan masyarakat, seperti waktu pelayanan yang lambat, respon petugas yang kurang cepat, dan gangguan pada mesin antrian elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pembuatan KTP-el dan KIA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian Kualitas menunjukkan bahwa kualitas pelayanan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari sub variabel Pertama, Ketepatan Waktu Pelayanan, pada indikator waktu tunggu pelayanan cukup baik, pada indikator waktu proses pelayanan cukup baik. Kedua, Akurasi Pelayanan pada indikator kebebasan dari kesalahan sudah baik. Pada indikator hasil yang sesuai aturan cukup baik. Ketiga, Kesopanan dan Keramahan pada indikator respon petugas pelayanan kurang baik, pada indikator keramahan petugas pelayanan cukup baik. Keempat, Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan pada indikator banyaknya petugas pelayanan sudah baik, pada indikator banyaknya fasilitas pelayanan kurang baik. Kelima, Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan pada indikator ruang tunggu cukup baik, pada indikator tempat parkir cukup baik, pada indikator ketersediaan informasi sudah baik. Keenam, Atribut pendukung lainnya pada indikator atribut pendukung pada ruang tunggu (mesin antrian elektronik) kurang baik, pada indikator kebersihan cukup baik. Faktor penghambat termasuk jumlah kursi yang terbatas dan kurangnya respons petugas, sementara faktor pendukung adalah jumlah petugas yang memadai. Diharapkan kepala dinas menambah sarana yang dibutuhkan dan petugas meningkatkan kecepatan dan keramahan dalam pelayanan KTP-el dan KIA.

Downloads

Published

2025-03-10

How to Cite

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KTP-EL DAN KIA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BALANGAN. (2025). Jurnal Pelayanan Publik, 2(1), 327-337. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JPP/article/view/1092