EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ARSIP PADA DINAS PEKERJAAN UMUM, PENATAAN RUANG, PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN BALANGAN
Keywords:
Efektivitas, Pengelolaan, ArsipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam efektivitas pengelolaan arsip pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Balangan. Efektivitas pengelolaan arsip pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Balangan cukup efektif. Dapat dilihat dari indikator yang kurang efektif yaitu, kemampuan memodifikasi, tingkat pengetahuan, keterampilan, terampil dalam beradaptasi, kelengkapan sarana prasarana, mengadakan tindakan perbaikan dan penetapan standar operasional prosedur. Indikator yang sudah efektif yaitu, ketelitian, kerapian, pemahaman, kemampuan, kondisi sarana prasarana, penggunaan sarana dan prasarana. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu kinerja pegawai, kondisi dan penggunaan sarana prasarana, kurangnya Tingkat pengetahuan, kelengkapan sarana prasarana dan kurangnya pengawasan. Untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan arsip pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Balangan, penulis memberikan saran kepada kepala dinas untuk merekrut pegawai yang memiliki latar pendidikan kearsipan, memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengikuti pelatihan tata kelola arsip, menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan arsip dan memberikan perhatian atau pengawasan dalam mengelola arsip.