PENGELOLAAN KEARSIPAN DI KANTOR KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Halimatus Sa’diyah Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Irza Setiawan Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Nida Urahmah Program Studi Administrasi Publk STIA Amuntai Author

Keywords:

Pengelolaan, Kearsipan, Kecamatan Danau Panggang

Abstract

Pengelolaan kearsipan di Kantor Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara belum optimal. Tidak ada pedoman, ruangan khusus, atau petugas khusus untuk mengelola arsip. Untuk mengetahui situasi tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kearsipan di Kantor Kecamatan Danau Panggang telah baik dalam hal prosedur penomoran, penanggalan, pengkodean, pengelolaan, penyusunan, pemilihan, dan pemilahan arsip. Namun, pengelolaan arsip masih perlu ditingkatkan dalam aspek pemusnahan, sistem penyimpanan, dan pemeliharaan. Faktor penghambat utama adalah kurangnya ruangan dan petugas khusus untuk kearsipan. Salah satu upaya yang diusulkan adalah menyediakan ruangan khusus dan melibatkan pegawai khusus untuk mengelola arsip. Selain itu, disarankan kepada Kantor Kecamatan Danau Panggang untuk memberikan pelatihan kepada pegawai dan memanfaatkan pengelolaan arsip digital demi efisiensi dan efektivitas dalam pencarian informasi.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGELOLAAN KEARSIPAN DI KANTOR KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. (2024). Jurnal Keuangan Daerah, Pusat Dan Kearsipan, 1(1), 68-76. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JKDPK/article/view/251