PENGARUH PEMBELIAN PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PENJUALAN MAKRONI AKIFA

Authors

  • Noorliana Noorliana Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author
  • Eka Santi Agustina Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author

Keywords:

Pengaruh, Produk dan iklan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Produk dan Iklan berpengaruh secara simultan. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melaui, kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji Reliabilitas, dan uji Asumsi Klasik dengan bantuan SPSS 21.  Adapun hasil dari penelitian ini adalah ditemukan persamaan regresi berganda Y = 9,9851 + 0,173X1 + 0,42X2. Pada uji F atau hipotesis secara simultan diperoleh temuan F hitung berjumlah 142,864 > F tabel sebesar 3,11 dan sig = 0,000 < 0,05 memperlihatkan jika Kualitas Produk dan Iklan secara simultan dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian kondumen pada makaroni akifa Sementara itu, variabel Kualitas produk secara parsial memiliki dampak signifikan pada keputusan pembelian sebab value t tabel = 1,664 kurang dari t hitung = 5.353 dan value signifikansi kurang dari 0,05. Akan tetapi, iklan tidak mempunyai dampak yang nyata pada keputusan untuk membeli sebab value signifikansi kurang dari 0,05 dan value t hitung berjumlah 1,423 lebih kecil dari t tabel yang bernilai 1,664. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh pembelian kualitas produk dan iklan terhadap keputusan konsumen pada penjualan makaroni akifa terdapat pengaruh antara pembelian dan keputusan konsumen pada penjualan makaroni akifa. Bagi pemilik usaha diharapkan agar dapat mempertahankan kualitas barang dan iklan yang terjangkau di masyarakat agar masyarakat tetap membeli.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

PENGARUH PEMBELIAN PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PENJUALAN MAKRONI AKIFA. (2024). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 209-215. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JAB/article/view/551