BAURAN PEMASARAN PADA UKM DI DESA PANDULANGAN KEC. BANJANG KAB. HULU SUNGAI UTARA (STUDI KASUS PADA USAHA IBU NINA)
Keywords:
Bauran Pemasaran, UKMAbstract
Proses pembuatan keripik pangsit pada usaha ibu Nina masih dilakukan secara manual dengan peralatan yang sederhana. Keripik yang dihasilkan dijual dalam kemasan sederhana dengan menggunakan kantong pelastik sebagai wadah sehingga harga jualnya menjadi rendah. Pemasaran keripik pangsit juga masih sangat terbatas hanya di wilayah Amuntai dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan Data, reduksi data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil karya tulis ilmiah Bauran Pemasaran Pada Ukm Di Desa Pandulangan Kec. Banjang Kab. Hulu Sungai Utara (Studi Kasus Pada Usaha Ibu Nina) bahwa bauran pemasaran keripik pangsit di Desa Pandulangan Kec. Banjang cukup baik dapat dilihat dari hasil indikator produk yaitu menciptakan kemasan yang bersih dan rapi. Baik hasil dilihat dari indikator harga yaitu harga yang sesuai dengan kualitas produk, daya saing harga dan keterjangkauan harga. Baik hasil dilihat dari indikator lokasi yang strategis dan cukup baik hasil dilihat dari indikator promosi menggunakan promosi media story whatsApp. Bauran pemasaran keripik pangsit di Desa Pandulangan Kec. Banjang memiliki beberapa kendala dalam pemasarannya yaitu harga bahan baku yang tidak stabil.Kepada pemilik usaha keripik pangsit ibu Nina di Desa Pandulangan Kec. Banjang dapat mencoba media sosial lain seperti Instagram, Facebook dan sosial media lainnya untuk jangkauan yang lebih luas
 
						 
							





