PENGARUH HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA MARKETPLACE SHOPEE DIDESA TELAGA MAS KECAMATAN DANAU PANGGANG
Keywords:
Harga, Minat BeliAbstract
Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Peningkatan signifikan populasi kelas menengah atas di Indonesia, mampu meningkatkan hingga 57,3 juta orang atau 21% dari jumlah populasi masyarakat Indonesia di tahun 2019. Sementara itu, juga ditemukan faktor yang mendorong berkembangnya e-commerce ialah adanya terobosan internet serta pengguna perangkat mobile, yang memberikan peluang bagi banyak orang untuk menggunakan platform belanja online, mulai dari aplikasi marketplace, media sosial, dan lain sebagainya. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh antara Harga Terhadap Minat Beli pada Marketplace shopee didesa telaga mas kecamatan danau panggang dan terdapat 86 orang yang menjadi responden. Penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas, Teknik analisis data, analisis regresi sederhana, dan uji T atau uji parsial. Adapun Hasil penelitian diperoleh Cronbach`s Alpha variabel harga (X) 0,814 > 0,60 dan minat beli (Y) 0,742 > 0,60. Sehingga untuk variabel X dan variabel Y memiliki hasil yang reliabel.dari hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov nilai signifikan Unstandardized residual sebesar 3,07 > 0,05, sehingga nilai residual seluruh variable tersebut berdistribusi normal. Dari hasil analisis uji T, thitung sebesar 4,597, sedangkan ttabel adalah 1.663 pada taraf signifikan 5% yang berarti thitung> ttabel, Dari hasil analisis uji T terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel (X) dan variabel (Y). dengan hasil perhitungan uji T, thitung 4,597, ttabel 1.663 pada taraf signifikan 5% yang berarti thitung> ttabel, sehingga Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap Minat beli pada Marketplace Shopee didesa Telaga mas.
 
						 
							





