EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PEMASARAN OLAHAN MANDAI DESA RIWA KECAMATAN BATUMANDI KABUPATEN BALANGAN
Keywords:
Efektivitas, Pengelolaan Pemasaran, Produk Mandai, Pemasaran Online, Strategi PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan pemasaran produk olahan Mandai di Desa Riwa, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan. Penelitian ini berfokus pada upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha dan kendala yang mereka hadapi dalam memasarkan produk olahan Mandai dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, termasuk wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha menggunakan berbagai strategi promosi, seperti periklanan, penjualan pribadi, publisitas, dan promosi penjualan, serta pemasaran online. Meskipun strategi-strategi ini sudah diterapkan, efektivitas pemasaran masih kurang optimal akibat beberapa kendala. Kendala tersebut meliputi adanya produk pesaing yang lebih dikenal dan variatif serta kurangnya promosi khusus untuk produk olahan Mandai di Desa Riwa. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya meningkatkan upaya promosi dan perlunya dukungan yang lebih baik dari pemerintah dan sektor swasta untuk mengoptimalkan pemasaran produk olahan Mandai.
 
						 
							





