PERAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PANDU BERJAYA DI DESA PANDULANGAN KECAMATAN BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Suriadi Suriadi Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author
  • Jumai Latte Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author

Keywords:

Peran, Masyarakat, BUMDES

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami partisipasi masyarakat dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pandu Berjaya yang berlokasi di Desa Pandulangan, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dipilih sebagai pendekatan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dan sekunder dikumpulkan, dengan 6 narasumber yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Prosedur analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data menunjukkan bahwa BUMDES Pandu Berjaya memiliki dampak baik secara kualitas maupun kuantitas. Masyarakat secara aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan program, terutama melalui kontribusi tenaga dan materi. Meskipun partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan masih rendah, namun peran mereka dalam evaluasi cukup signifikan. Peneliti menyarankan untuk menciptakan forum informal untuk meningkatkan suara masyarakat, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang relevansi mereka dalam pengambilan keputusan, memperluas unit usaha, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam manajemen langsung BUMDES Pandu Berjaya

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

PERAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PANDU BERJAYA DI DESA PANDULANGAN KECAMATAN BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. (2024). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 82-89. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JAB/article/view/532