STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM TOKO BAJU AFUZ COLLECTION DI DESA SUNGAI SANDUNG KECAMATAN SUNGAI PANDAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Novianti Rizka Safitri Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author
  • Jumai latte Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author

Keywords:

Strategi Pengembangan, UMKM

Abstract

Toko Baju Afuz Collection di Desa Sungai Sandung Alabio adalah UMKM yang telah berdiri sejak tahun 2010. Toko ini cukup terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Untuk terus berkembang, perlu strategi yang tepat dan efektif dalam hal harga, kualitas, dan bahan yang dijual. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal Toko Baju Afuz Collection, merumuskan strategi yang sesuai, dan menerapkan strategi untuk pengembangan bisnis UMKM ini. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, melibatkan 2 informan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan Toko Baju Afuz Collection meliputi peningkatan kualitas bahan dan merek, penawaran harga terjangkau, promosi penjualan yang intensif, dan pemilihan lokasi yang strategis. Analisis SWOT menunjukkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi strategi usaha Toko Afuz Collection. Rekomendasi yang diberikan termasuk peningkatan strategi promosi, peningkatan kualitas produk, serta adaptasi terhadap perubahan tren pasar. Dengan demikian, Toko Baju Afuz Collection diharapkan bisa bersaing dan berkembang di masa depan.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM TOKO BAJU AFUZ COLLECTION DI DESA SUNGAI SANDUNG KECAMATAN SUNGAI PANDAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. (2024). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 71-76. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JAB/article/view/530