PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAS LPG 3 KG PADA PELANGGAN DI PANGKALAN GAS ZAINAL ARIFIN DESA CEMPAKA
Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Pemerintah memperkenalkan gas tabung dimensi 3 kg bercorak hijau atau dikenal dengan tabung gas melon. Masyarakat Desa Cempaka 95% sudah menggunakan gas LPG daripada bahan bakar minyak tanah sehingga kebutuhan akan gas LPG selalu merasa kekurangan, menggunakan gas LPG 3 Kg selain itu upaya penghematan bahan bakar salah satunya adalah peralihan penggunan minyak tanah ke gas LPG. Tujuan dari diadakannya penelitian kali ini ialah guna mengetahui apakah Harga dan kualitas layanan yang ada di pangkalan gas LPG 3Kg Zainal arifin berpengaruh terhadap keputusan pembelian pembeli atau konsumen. Penelitian kali ini menerapkan metode kuantitatif disertai teknik purposive sampling, sampel sejumlah 50 responden. Konsumen pangkalan gas Zainal Arifin dijadikan sebagai subjek. Pengambilan data diperoleh melalui penggunaan kuesioner (angket) sebagai tekniknya. Teknik analisis pada penelitian kali ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis (uji parsial (t) dan uji simultan (F), dan koefisien determinasi berdasarkan temuan pengujian hipotesis secara simultan, harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh pada keputusan pembelian. Sedangkan uji parsial (uji t) harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh pada keputusan pembelian. Berdasarkan nilai R2, Harga dan juga Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh sebesar 63,4%
 
						 
							





