OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI RSUD H. DAMANHURI BARABAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI KARYAWAN

Authors

  • Siti Norfatimah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author
  • Ary Yudianto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author

Keywords:

Optimalisasi Pengelolaan SDM, Kualitas Pelayanan, Pengembangan Kompetensi, Motivasi Karyawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia di RSUD H. Damanhuri Barabai. Mengidentifikasi hambatan dalam pengelolaan sumber daya manusia dan mencari solusi yang efektif. Dan mengukur dampak optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia terhadap kepuasan pasien dan efektivitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan fenomena yang berkaitan dengan optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia di RSUD H. Damanhuri Barabai untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia di RSUD H. Damanhuri Barabai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Pengembangan Kompetensi dan Motivasi Karyawan cukup baik, pihak rumah sakit telah menerapkan strategi mengenai Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia di RSUD H. Damanhuri Barabai. Hanya saja terdapat beberapa kekurangan yang mungkin perlu di tingkatkan kembali agar berjalan lebih optimal.

Saran Kepada Kepala Rumah Sakit RSUD H. Damanhuri Barabai perlu menambah sosialisasi lebih intensif dan perlu juga insentif tambahan untuk meningkatkan partisipasi pegawai dalam pelatihan, dan buat jadwal pelatihan yang fleksibel. Dan saran Kepada Pegawai Rumah Sakit RSUD H. Damanhuri Barabai perlu pelatihan tambahan bagi penilai kinerja dan perbaikan sistem pengukuran kinerja seperti membuat indikator kinerja spesifik untuk tiap jabatan (dokter, perawat, analis, admin).

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

OPTIMALISASI PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI RSUD H. DAMANHURI BARABAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN MOTIVASI KARYAWAN . (2025). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 119-129. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JAB/article/view/1571