ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS DI PASAR CANDI KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Keywords:
Analisis, Strategi Pemasaran, Penjualan Sepeda Motor BekasAbstract
Penjualan sepeda motor bekas di pasar Candi kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terdiri dari Pertama, Produk (Product) masih terkendala berupa fasilitas fisik yang kurang memadai, seperti lapak sederhana tanpa perlindungan dari cuaca dan ketiadaan fasilitas dan kurangnya transparansi penjual mengenai kondisi motor, tidak adanya garansi atau jaminan pasca pembelian, serta minimnya standar pelayanan dan profesionalitas. Selain itu, transaksi masih dilakukan secara sederhana tanpa bukti resmi atau sistem komplain. Kedua, Harga (Price) memiliki banyak tantangan, seperti tekanan keuntungan rendah, kualitas produk, serta persaingan pasar yang ketat. Jika tidak dikelola dengan strategi pendukung lain, strategi ini justru bisa merugikan penjual dalam jangka panjang. Ketiga, Tempat (Place) terkendala keterbatasan ruang, kondisi pasar yang becek saat hujan, serta kurangnya fasilitas pendukung menjadi kendala dalam penataan ideal. Keempat, Promosi (Promotion) metode ini juga menghadapi beberapa kendala seperti cuaca buruk, keterbatasan ruang test ride, serta kurangnya media promosi pendukung. Meskipun demikian, pendekatan personal tetap menjadi pilihan utama karena dianggap paling cocok dengan karakteristik pasar tradisional seperti Pasar Candi Amuntai. Faktor yang mempengaruhi yaitu fasilitas pasar yang terbatas, tidak adanya nota resmi atau sistem komplain formal, transparansi informasi masih minim pada sebagian pedagang dan persaingan tinggi antar penjual dan margin keuntungan kecil.
 
						 
							





