ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA RUMAH MAKAN ASFARZAH KELURAHAN PELIWARA AMUNTAI TENGAH

Authors

  • Yunita Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author
  • Ary Yudianto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author

Keywords:

Strategi, marketing mix, daya saing

Abstract

Meningkatnya persaingan dalam bisnis rumah makan mendorong para pemilik untuk berusaha lebih dalam menentukan strategi yang tepat guna menarik sebanyak mungkin pelanggan. Strategi bauran pemasaran 4P (produk, tempat, harga, dan promosi) menjadi pendekatan yang relevan untuk diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing mix di Rumah Makan Asfarzah.  Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang digunakan oleh Rumah Makan Asfarzah adalah strategi marketing mix, yang mencakup salah satunya peningkatan kualitas produk melalui perbaikan pada bahan baku, pengolahannya, dan pengemasannya. strategi harga sesuai dengan harga di pasaran, strategi tempat yang strategis di pinggir jalan raya dan pusat keramaian orang, dan strategi promosi dengan memasang banner dan dari mulit ke mulut maupun dimedia sosial. Maka Rumah Makan Asfarzah sudah dapat meningkatkan daya saing dari rumah makan disekitarnya dengan menerapkan strategi marketing mix 4P dengan baik.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA RUMAH MAKAN ASFARZAH KELURAHAN PELIWARA AMUNTAI TENGAH . (2025). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 46-55. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JAB/article/view/1562