ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION DI TIKTOK SHOP OLEH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
Keywords:
Promosi, Keputusan Pembelian, TikTok Shop, Fashion, MahasiswaAbstract
Penelitian kali ini bertujuan menganalisis evektivitas dari promosi terhadap keputusan membeli produk fashion melalui TikTok Shop oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai. Latar belakang penelitian ini berangkat dari perkembangan teknologi digital yang sangat cepat, terutama pada pemanfaatan media sosial seperti TikTok yang sekarang ini juga berfungsi sebagai platform e-commerc. Promosi yang dilakukan di TikTok Shop dianggap memiliki peranan penting untuk memengaruhi keputusan pembelian, terutama bagi mahasiswa yang aktif dan responnya cepat terhadap konten digital. Penelitian kali ini memakai pendekatan dengan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian ialah seluruh mahasiswa Administrasi Bisnis yang berjumlah 86 orang dengan 45 orang sebagai sampel yang ditentukan menggunakan perhitungan dari rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan memakai penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, uji t (parsial) dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan variabel promosi secara nyata dan signifikan memengaruhi variabel keputusan pembelian. Nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dengan t hitung 8,330 > t tabel serta koefisien regresi 0,854 mengindikasikan hubungan yang kuat. Nilai R² sebesar 0,585 menunjukkan bahwa 58,5% keputusan membeli bisa dijelaskan oleh promosi, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa promosi melalui TikTok Shop terbukti bisa berpengaruh positif dan bisa dijadikan pedoman oleh pelaku usaha agar strategi pemasaran digital mereka semakin efisien serta tepat sasaran.
 
						 
							





