PENGARUH LIVE STREAMING SHOPEE OLEH BRAND SKINTIFIC TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 ADMINISTRASI BISNIS SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI AMUNTAI

Authors

  • Susan Noor Khazainah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author
  • Eka Santi Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Author

Keywords:

Live streaming, Shopee, minat beli, skintific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live streaming Shopee oleh brand Skintific terhadap minat beli mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik nonprobability sampling melalui sampling jenuh, sehingga seluruh mahasiswa STIA Amuntai yang berjumlah 90 orang dijadikan responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Live streaming yang dilakukan oleh brand Skintific di platform Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 9,193 dan persamaan regresi Y = 9,193 + 0,407X. Nilai t hitung sebesar 3,617 lebih besar dari t tabel 1,662, dengan signifikansi 0,000 (lebih kecil dari 0,05), menunjukkan pengaruh yang signifikan. Uji validitas menunjukkan seluruh item kuesioner valid (r hitung > 0,1745), dan uji reliabilitas menunjukkan seluruh item reliabel (Cronbach Alpha > 0,60). Dengan demikian, semakin intens dan berkualitas Live streaming yang dilakukan oleh brand Skintific, semakin tinggi pula minat beli mahasiswa terhadap produk tersebut. Temuan ini menegaskan bahwa Live streaming merupakan strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen, khususnya di kalangan mahasiswa.

 

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

PENGARUH LIVE STREAMING SHOPEE OLEH BRAND SKINTIFIC TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 ADMINISTRASI BISNIS SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI AMUNTAI . (2025). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 13-23. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JAB/article/view/1559