BAURAN PEMASARAN TELUR ASIN SUMBER REZEKI DI DESA KAMAYAHAN KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Ramona Handayani Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author

DOI:

https://doi.org/10.36658/ijan.4.2.95

Keywords:

Bauran, Bauran Pemasaran, Telur Asin Sumber Rezeki

Abstract

Pertumbuhan usaha telur asin ini cukup meluas tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi, perkembangan industri telur asin terutama didorong oleh tersedianya bahan baku yang cukup memadai dan mudah diperoleh. Dengan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bauran pemasaran yang digunakan oleh usaha Telur Asin sumber  rezeki di desa Kamayahan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang diamati. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini diketahui bahwa dalam produk telur asin sumber rezeki ini tidak memiliki kemasan khusus dalam pemasarannya,  saat harga telur mengalami kenaikan harga maka telur itik akan mengalami kelangkaan, sehingga produsen tidak memproduksi telur asin sementara waktu sampai harga telur itik kembali normal, dan juga ditemukaan  kelangkaan garam untuk mengasinkan telur sehingga pemasarannya terhambat.

References

Akbar, Anggito, A, & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Cv Jejak (Jejak Publisher).

Arminsyurita. (2014). Analisis Strategi Pemasaran Jamur Rimba Jaya Mushroom. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Volume VI, No. 02. Hal 156-168 Indonesia: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala.

Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV Rajawali.

http://lib.unnes.ac.id/42844/1/7101413144%20-%20sadi%20chaola.pdf

Indriyo Gitosudarmo. 2014. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE UGM.

Kasmah, M. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI TELUR ASIN TAMBAK ZALFA BANJARMASIN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Kotler, P.& Keller, KL. (2008) Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi

Erlangga.Marwanto, Deden. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA TELUR ASIN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada UD. Sukses Makmur Perumahan Surabaya Permai Kota Bengkulu). Diss. UIN Fatmawati Sukarno, 2021.

Maulana, A. Z., &Putrayanda, Y. (2018). Program Pengembangan Peternakan Itik Di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 13, 51-65,

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Porter, Michael, E. (2008). Strategi Bersaing (competitive strategy). Tanggerang: Karisma Publishing grup.

Kotler, P, Armstrong, G. Ahli bahasa oleh Sabran, B. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1 (edisi 12) Jakarta : Erlangga.

Tjiptono (2018, p.103) dalam buku karangan McCarthy, E. Jerome. Bauran. Pemasaran Jakarta : Erlangga.

https://blog-pinta.blogspot.com/2013/06/kewirausahaan4953.html, diakses pada tanggal 9 Juni 2017

Rangkuti, Freddy. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedakan kasus Bisnis.

Published

2022-12-31

How to Cite

BAURAN PEMASARAN TELUR ASIN SUMBER REZEKI DI DESA KAMAYAHAN KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. (2022). Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 4(2), 18-27. https://doi.org/10.36658/ijan.4.2.95