PEMANFAATAN INSTAGRAM UNTUK MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN PADA FIKRI TAQY BARBERSHOP

Authors

  • Eka Santi Agustina Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author
  • Hendra Maulana Akbar Program Studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai Author

DOI:

https://doi.org/10.36658/ijan.5.2.108

Keywords:

Barbershop, Instagram, Loyalitas, Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram dalam menjaga loyalitas pelanggan Fikri Taqy Barbershop melalui akun Instagram @fikritaqy_barbershop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Loyalitas Pelanggan Tjiptono. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dengan satu informan ahli, tiga informan inti, dan satu informan akademisi. Berdasarkan hasil yang diperoleh oleh peneliti, pemanfaatan Instagram @fikritaqy_barbershop dalam menjaga loyalitas pelanggan Fikri Taqy Barbershop dilihat dari terpenuhinya empat faktor yang melatarbelakangi yaitu kualitas pelayanan, kepercayaan, citra perusahaan, dan kepuasan pelanggan pada Fikri Taqy Barbershop mendapat respon positif dari para informan inti. pemanfaatan Instagram @fikritaqy_barbershop dijadikan sebagai sarana komunikasi dan public relations. Setelah peneliti melakukan penelitian pada pemanfaatan Instagram dalam menjaga loyalitas pelanggan pada Fikri Taqy Barbershop, peneliti menyarankan agar admin Instagram @fikritaqy_barbershop lebih sigap dan cepat dalam merespon pertanyaan pelanggan dan lebih kreatif dalam memposting gambar maupun video agar tidak terkesan monoton dan membosankan.

References

Ade Heryana. 2018. Informan dan Pemilihan Informan pada Penelitian Kualitatif. https://www.researchgate.net/publication/329351816_Informan_dan_Pemilihan_Informan_dalam_Penelitian_Kualitatif

Afiffatus Sholihah. 2018. Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk The Thailand Pikameame di Yogyakarta (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia)). Tersedia : http://digilib.uin-suka.ac.id/31929/1/14730003_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Agustina, E. S. (2022). STRATEGI GREEN PROMOTION TERHADAP BRAND IMAGE PT. SUZUKI HULU SUNGAI UTARA. INOVATIF, 4(1), 16-26.

Agustina, E. S., & Rojali, M. (2021). Menciptakan nilai produk telor asin di desa banyu tajun dalam kecamatan sungai pandan kabupaten hulu sungai utara. INOVATIF, 3(1).

Agustina, E. S. (2022). Regulasi Kebijakan Bisnis Indonesia.

Alif Fathurahman, Warneri, dan Sri Buwono. 2022. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @berbaginasi_ptk Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di Kota Pontianak. Vol. 11 No. 8 Tahun 2022 hlm 797- 805 ISSN: 2715-2723.

Anugerah. (1 Maret 2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Liputan 6. Diperoleh melalui https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Penerbit Kencana

Dela Astria dan Mei Santi. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. Tersedia : https://www.studocu.com/id/document/universitas-pembangunan-nasional-veteran-jawa-timur/ekonomi-bisnis/pemanfaatan-aplikasi-whatsapp-bisnis-dalam-strategi-pemasaran-online-untuk-meningkatkan-jumlah-penjualan/45962368

Denny Erica, Harun Al Rasyid. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Vol. XVI No. 2 September 2018, hlm 176-168 p-ISSN 1411-8637 e-ISSN 2550-1178.

Diana Fitri Kusuma. 2018. Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Volume 3, No. 1, Oktober 2018, hlm 18-33 ISSN: 2548-3242.

Griffin, Jil. 2003. Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. (Dwi Kartini Yahya. Terjemahan) Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hana Rufaidah Larassati, 2018. Strategi Marketing Public Relations Melalui Social Media Instagram @traveloka Dalam Meningkatkan Customer Engagement. (online). Tersedia : https://repository.bakrie.ac.id/2178/5/04.%20BAB%20Daftar%20Pustaka.pdf

Hendra Maulana Akbar. 2023. Laporan Magang Pada Fikri Taqy Barbershop. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai: diterbitkan.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

M. Hikmat, Mahi. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Moh. Sanusi. 2015. Peran Media Sosial Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Studi Kualitatif Twitter Penerbit DIVA Press, Yogyakarta (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia)). Tersedia : http://digilib.uin-suka.ac.id/15589/

Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosda karya.

Moleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mudassir, Rayul. (29 Juni 2019). Daftar Pengguna Instagam terbanyak di Dunia, Indonesia di Urutan berapa?. Bisnis.com. Diperoleh melalui https://teknologi.bisnis.com/read/20190629/84/939306/daftar-pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia-indonesia-di-urutan-berapa

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ratih, Hurriyati. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas konsumen. Bandung: CV Alfabeta.

Reyhan Wira Pradipta. 2020. Pemanfaatan Media Instagram Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan PT. KAI Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pengguna Akun Instagram PT. Kereta Api Indonesia di Bandung. Universitas Pasundan: tidak dterbitkan.

Riska Hapsari, 2015. Analisis Pelayanan Bank Dan Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran. Tersedia : http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=3160/1/TA%20RISKA

Rizky Mai Nanda. 2021. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Hotel Di Kota Pekanbaru (Studi Akun Instagram @mitrahotelpku). Skripsi pada Universitas Islam Riau: tidak diterbitkan.

Rony Adita Muslim, Niken Hendrakusma Wardani, dan Satrio Hadi Wijoyo. 2019. Analisis Pengaruh Pemasaran melalui Media Sosial terhadap Loyalitas Merek pada Instagram Tomoo Steak. Vol. 3, No. 8, Agustus 2019, hlm. 7515-7523.

Rusmini Artina. 2021. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran Online Pada Akun @najwaproject. Skripsi pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai: diterbitkan.

Sentana, Aso. 2006. Excellent Service & Customer Satisfaction. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Zuanda Pratama Harahap. 2021. Analisis Motivasi Kerja Karyawan di CV. Fawas Jaya Medan. Vol 978-623-93614-6-4, hlm 507 – 511.

Published

2023-12-31

How to Cite

PEMANFAATAN INSTAGRAM UNTUK MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN PADA FIKRI TAQY BARBERSHOP. (2023). Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 5(2), 49-73. https://doi.org/10.36658/ijan.5.2.108