EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. PLN (PERSERO) ULP AMUNTAI

Authors

  • Rini Astuti Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Ahmad Baihaqi Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Gusti Muhammad Hidayatullah Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author

DOI:

https://doi.org/10.36658/aliidarabalad.6.2.929

Keywords:

Efektivitas, PLN Mobile, Pelayanan

Abstract

Salah satu penerapan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan publik pada PT. PLN (Persero) ULP Amuntai atau Unit Layanan Pelanggan Amuntai, yaitu dengan mengembangkan aplikasi PLN Mobile. Terdapat beberapa permasalahan dalam penggunaan program aplikasi PLN Mobile, antara lain sebagai berikut: kurangnya sosialisasi kepada pelanggan; koordinasi dengan pegawai lapangan belum berjalan optimal dan masih banyak pelanggan yang belum menggunakan aplikasi PLN Mobile. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana Efektivitas Penggunaan Aplikasi PLN Mobile dalam Meningkatkan Pelayanan pada PT. PLN (Persero) ULP Amuntai dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif – kualitatif, metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sebelas informan dan menggunakan teknik purposive sampling untuk menyediakan data. Reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan merupakan bagian dari analisis data serta melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menganalisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan melakukan membercheck adalah bagian dari uji kredibilitas. Efektivitas Penggunaan Aplikasi PLN Mobile dalam Meningkatkan Pelayanan pada PT. PLN (Persero) ULP Amuntai dikategorikan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang efektif, yaitu: Pertama, pelayanan mudah, cepat dan akurat. Kedua, kecepatan respon. Ketiga, waktu pemprosesan pengaduan. Keempat, kualitas pelayanan meningkat. Adapun indikator yang cukup efektif, yaitu: Pertama, fitur mudah dipahami. Kedua, kepuasaan pelanggan. Ketiga, lebih efesien. Indikator yang belum efektif, yaitu: Informasi Penggunaan. Selanjutnya indikator kurang efektif, yaitu: Pertama, sasaran yang dituju. Kedua, sosialisasi merata. Ketiga, jumlah pengguna. Disamping itu terdapat faktor – faktor yang mempengaruhi Efektivitas Penggunaan Aplikasi PLN Mobile dalam Meningkatkan Pelayanan pada PT. PLN (Persero) ULP Amuntai terbagi menjadi dua, yaitu: faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung ialah kemudahan mengakses PLN Mobile dan pelayanan yang diberikan menjadi lebih cepat. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kelompok usia yang lebih tua dan tingkat pendidikan serta kurangnya sosialisasi. Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada pimpinan dan petugas PT. PLN (Persero) ULP Amuntai untuk lebih meningkatkan sosialisasi dan menginformasikan kepada pelanggan lebih ekstra untuk menggunakan PLN Mobile bukan hanya mendownload saja, tetapi juga menggunakan sepenuhnya, dan untuk pelanggan disarankan agar lebih aktif dalam menggunakan PLN Mobile.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. PLN (PERSERO) ULP AMUNTAI. (2025). Al Iidara Balad, 6(2), 591-601. https://doi.org/10.36658/aliidarabalad.6.2.929