PELAYANAN ADMINISTRASI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 HSU KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36658/aliidarabalad.3.2.37Keywords:
Pelayanan, Administrasi, pelayanan administrasi ketatausahaan, tata usahaAbstract
Dalam instansi pendidikan yang terdapat pada kantor tata usaha MAN 4 HSU, dimana untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di Madrasah tersebut, sangat di perlukan tenaga terampil dan professional yang mampu melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan administrasi ketatausahaan yang sebaik-baiknya. Pada kantor tata usaha MAN 4 HSU dalam pelayanan administrasi ketatausahaan belum berjalan dengan semestinya di karenakan masih kurangnya tenaga terampil dan kurangnya jumlah tenaga kerja.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan administrasi ketatausahaan, faktor-faktor yang menghambat pelayanan administrasi ketatausahaan dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan administrasi ketatausahaan pada MAN 4 HSU.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi yaitu dengan sampel 6 orang yang melibatkan Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, 2 orang guru dan 2 orang alumni MAN 4 HSU. Pembahasan pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian diskriptif dan kualitatif dari objek yang diteliti dan analisa data menggunakan analisa kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan administrasi ketatausahaan pada MAN 4 HSU masih belum berjalan dengan lancar karena terdapat adanya hambatan yaitu masih kurangnya pendidikan atau tenaga terampil oleh pegawai, dan kurangnya jumlah pegawai staf tata usaha sehingga pelayanan yang terdapat pada kantor tata usaha MAN 4 HSU tersebut sering mengalami keterlambatan dalam penyelesaian data-data yang sifatnya mendesak dikarenakan kurangnya tenaga terampil oleh pihak tata usaha serta sering mengalami kesulitan apabila mengerjakan tugas yang berhubungan dengan komputer dan internet, masih banyak keterbatasan pegawai dalam menjalankan tugasnya, kurannya pembagian kerja yang jelas dan belum sepenuhnya terarah sehingga pembagian kerja pada pelayanan administrasi ketatausahaan masih belum maksimal adanya tumpang tindih dalam pembagian tugas pekerjaan atau adanya pegawai yang berperan ganda, sehingga tugas yang diberikan sering menumpuk. Faktor-faktor yang menghambat dalam pelayanan Administrasi ketatausahaan pada MAN 4 HSU dalam hal keterampilan masih belum bisa diandalkan dengan baik, keterampilan sudah dijalankan dengan baik tetapi harus lebih ditingkatkan lagi. Dan Upaya yang dilakukan: Kepala Madrasah memberikan izin pelatihan dan pendidikan bagi pegawai staf, serta Arahan dan bimbingan dari kepala tata usaha kepada petugas tata usaha pada MAN 4 HSU
Saran untuk kantor tata usaha MAN 4 HSU, kepada Kepala Madrasah agar meningkatkan pendidikan pegawai staf tata usaha, penambahan tenaga kerja, kepada Kepala Tata Usaha melakukan pengawasan pada pelayanan staf tata usaha, memberikan arahan dan bimbingan kepada staf tata usaha, dan kesadaran dari individu itu sendiri agar kegiatan ketatausahaan terlaksana secara optimal.









