PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA UPT PUSKESMAS KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN

Authors

  • Amelia Amelia Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Agus Surya Dharma Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author
  • Moh. Fajar Noorrahman Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai Author

DOI:

https://doi.org/10.36658/aliidarabalad.6.1.283

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Pemerintah telah berusaha meningkatkan pelayanan publik sebagai upaya capaian pemerintahan yang baik, salah satunya meningkatkan kesehatan masyarakat dengan penyelenggaraan berbagai upaya kesehatan seperti puskesmas. Salah satu puskesmas yang beroperasi untuk menjaga kesehatan masyarakat adalah Puskesmas Awayan Kabupaten Balangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan puskesmas Awayan terhadap kepuasan masyarakat dan menganalisis serta mendiskripsikan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan puskesmas Awayan terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dengan rumus Slovin menghasilkan 100 responden yang pengumpulan datanya dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penyebaran angket terlihat bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat berkategori sedang dengan masing-masing persentase 94%. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji koefisien determinasi, nilai  ( ) = 0,627 dengan signifikansi 0,000 membuktikan terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pada Puskesmas Awayan Kabupaten Balangan sebesar 63% sedangkan 37% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disarankan Kepada Kepala Puskesmas melakukan pengawasan dan pengendalian dalam penerapan kinerja petugas, kepada Petugas Puskesmas diharapkan meningkatkan kinerjanya, dan kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti tentang variabel lain yang berhubungan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA UPT PUSKESMAS KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN. (2024). Al Iidara Balad, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.36658/aliidarabalad.6.1.283